"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Agama

Kemajuan dan perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi dengan bijak oleh para orang tua dan guru dalam mendidik anak-anak. Kemajuan dalam bidang ini mampu mempengaruhi perkembangan anak secara pribadi dan sosial. Pengaruh terburuknya adalah bahwa mereka nantinya akan hidup jauh dari tuntunan ajaran agama.
 
Terkait hal ini maka sistem pendidikan di Indonesia harusnya dikembangkan ke arah integrasi antara IPTEK dan agama. Nilai-nilai IPTEK akan menjadikan generasi yang cerdas, skillfull, dan memiliki pengetahuan luas. Nilai-nilai agama akan melahirkan generasi yang sholih secara individu dan sosial.

Integrasi ini dapat dilakukan dengan baik oleh lembaga pendidikan jika para pelaku pendidikan (guru dan pengelola lembaga) memahami dengan baik keterkaitan dan kesatuan antara nilai-nilai IPTEK dalam masing-masing pelajaran dengan nilai-nilai agama dalam kitab suci. Yang menjadi tantangan bagi guru adalah para guru harus menguasai bidang ilmunya dengan baik dan harus mampu mengintegrasikan bidang ilmunya dengan nilai-nilai agama Islam yang  terkandung dalam Al-Quran dan Al-Hadits.

Pengintegrasian IPTEK dan agama ini harus dilakukan secara alamiah, bukan dipaksakan atau malah mengada-ada. Pengintegrasian ini bukan berarti bahwa setiap materi pelajaran harus diikuti dengan dalil berupa ayat-ayat Al-Quran atau Al-Hadits, karena pada kenyataannya ada beberapa materi IPTEK yang tidak bisa ditemukan dalilnya di dalam ayat-ayat Al-Quran atau Al-Hadits. Dalam hal ini, setiap materi IPTEK harus bisa diambil hikmahnya oleh peserta didik, sebagai wujud atas keluasan ilmu Allah SWT.











Bagikan: