"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

BonoEdumedia.com: PENDIDIKAN

Berbagai tulisan BonoEdumedia.com dengan tema pendidikan. Silakan kunjungi dan simak setiap tulisan kami. Dapatkan khasanah pengetahuan bermakna untuk hidup Anda.

BonoEdumedia.com: KELUARGA

Berbagai tulisan BonoEdumedia.com dengan tema keluarga. Silakan kunjungi dan simak setiap tulisan kami. Dapatkan khasanah pengetahuan bermakna untuk hidup Anda.

BonoEdumedia.com: PEMUDA

Berbagai tulisan BonoEdumedia.com dengan tema pemuda. Silakan kunjungi dan simak setiap tulisan kami. Dapatkan khasanah pengetahuan bermakna untuk hidup Anda.

BonoEdumedia.com: KEPEMIMPINAN

Berbagai tulisan BonoEdumedia.com dengan tema kepemimpinan. Silakan kunjungi dan simak setiap tulisan kami. Dapatkan khasanah pengetahuan bermakna untuk hidup Anda.

BonoEdumedia.com: PRIBADI ISLAMI

Berbagai tulisan BonoEdumedia.com dengan tema pribadi Islami. Silakan kunjungi dan simak setiap tulisan kami. Dapatkan khasanah pengetahuan bermakna untuk hidup Anda.

BonoEdumedia.com: VIDEO

Berbagai unggahan BonoEdumedia.com dalam bentuk video. Silakan kunjungi dan simak setiap video kami. Dapatkan khasanah pengetahuan bermakna untuk hidup Anda.

7 Contoh Usaha Bisnis Sampingan Modal Kecil Bagi Pelajar/Siswa


Salam jumpa lagi. Kali ini kami akan mengupas aneka contoh usaha bisnis sampingan modal kecil bagi pelajar/siswa. Memulai usaha/bisnis tidak harus menunggu lulus sekolah. Anda mulai sejak Anda menjadi pelajar/siswa pun tak jadi masalah. Semakin dini Anda memulai usaha bisnis Anda sendiri, semakin banyak ilmu, pengalaman, dan hikmah yang Anda miliki. Semuanya itu nanti yang akan menguatkan kedewasaan Anda.

Saat Anda menjadi seorang pelajar/siswa yang bisa menghasilkan uang sendiri, itu merupakan suatu prestasi sendiri. Uang tersebut bisa Anda gunakan sebagai tambahan uang jajan bahkan jika usaha sampingan yang Anda jalankan berjalan dengan baik. Misal, bisa Anda gunakan untuk biaya sekolah atau Anda tabung untuk biaya pendidikan selanjutnya atau untuk modal pengembangan usaha bisnis yang Anda jalankan. 

Jenis usaha/bisnis sampingan bagi pelajar/siswa yang tepat adalah usaha bisnis yang bisa dikerjakan paruh waktu (saat jam istirahat sekolah atau sepulang sekolah), modal kecil, dan tidak ribet menjalankannya.

Berikut contoh aneka usaha/bisnis sampingan modal kecil bagi pelajar/siswa:

1. Menjual Pulsa Elektrik
Menjual pulsa memiliki propsek yang cukup bagus untuk dijalankan pelajar/siswa. Hampir semua guru dan pelajar/siswa memiliki HP sendiri.Usaha/bisnis ini tergolong cukup ringan dan mudah menjalankannya, selain itu repeat order transaksi juga cukup cepat.

2. Membina Ekstrakurikuler Pramuka di SD/SMP
Bagi Anda pelajar/siswa SMA yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka, Anda bisa menjalankan usaha/bisnis ini. Anda cukup mengajukan surat permohonan kerja sama menjadi pembina pramuka dengan SD/SMP di kecamatan Anda. Setiap sekolah biasanya sudah mengalokasikan dana ekstrakurikuler pramuka. Per pertemuan minimal Rp 50.000/pembina dan biasanya 1 pekan 1 kali pertemuan. Misal saja, Anda bisa menjalin kerjasama dengan 5 sekolah, maka insentif yang bisa Anda peroleh minimal Rp 250.000 per pekan atau Rp 1.000.000 per bulan. Kami rasa itu insentif yang sangat fantastis bagi seorang pelajar/siswa.

3. Les Privat
Bagi Anda yang cukup smart di sekolah maka tidak ada salahnya jika Anda menjalankan usaha/bisnis ini di rumah. Anda dapat memberikan les privat kepada teman Anda, adik kelas Anda atau dari jenjang yang berada di bawah Anda. Anda pun dapat mengunjungi rumah pelanggan Anda, dengan begitu insentif yang Anda terima akan jauh lebih besar.

4. Menitipkan Kue Buatan Ibu di Kantin atau Koperasi Sekolah
Usaha/bisnis yang satu ini tergolong usaha dengan modal. Namun, tidak besar. Cukup dengan modal Rp 25.000 saja Anda sudah bisa menjalankan usaha/bisnis ini. Modalnya dari mana? Anda bisa menyisihkan sebagian uang jajan Anda. Setelah terkumpul, minta tolonglah kepada ibu Anda untuk membuatkan kue. Misalnya, aneka gorengan. Lalu tinggal Anda titipkan di kantin atau koperasi sekolah.

5. Menjadi Penjaga Warnet
Usaha sampingan pelajar/siswa menjadi penjaga warnet dapat dilakukan sepulang sekolah. Anda dapat melakukan pekerjaan ini mulai dari pulang sekolah hingga pukul 19:00. Usaha/bisnis ini memiliki keuntungan tersendiri. Misal, jika Anda mendapat tugas dari sekolah, maka Anda dapat mengerjakannya saat Anda sedang menjaga warnet.

6. Bisnis Online
Saat ini fasilitas internet sudah merasuki semua relung kehidupan kita. Sudah sangat mudah mendapatakannya. Bisnis online merupakan jenis usaha yang sangat menjanjikan. Sebagai pelajar/siswa, Anda bisa menjual barang, jasa atau skill yang Anda miliki melalui internet. Anda bisa memanfaatkan sarana gratis dalam menjualnya, misal: blogger, facebook, twitter, instagram, dan masih banyak yang lain.

7. Menjadi MC
Seorang pelajar/siswa yang berbakat dalam hal berbicara dan menyampaikan suatu hal dengan baik atau bahkan melucu di depan orang banyak, sangat cocok jika menjalankan usaha/bisnis ini. Usaha/bisnis ini bisa dikerjakan sepulang sekolah atau saat hari libur. Insentifnya pun lumayan besar untuk ukuran pelajar/siswa.

Usaha/bisnis sampingan modal kecil bagi pelajar/siswa ini sebenarnya sangat bervariasi tergantung dari passion (minat dan bakat) masing-masing. Selain 7 contoh di atas sebenarnya masih banyak contoh lainnya yang bisa dijalankan pelajar/siswa. Yang utama adalah halal dan tidak mengganggu kegiatan belajar. Kami rasa cukup sekian yang dapat kami ulas, semoga ulasan di atas menginspirasi untuk terus berusaha. Semoga bermanfaat dan terimakasih. :)

Sumber gambar: medanbisnisdaily.com
Bagikan:

5 Cara Agar Mahir Bahasa Inggris


Sebenarnya tidak ada cara mudah dalam mencapai cita-cita. Apapun cita-cita Anda. Karena semua itu pasti membutuhkan kerja keras dan pengorbanan. Namun, agar kerja keras dan pengorbaan Anda tidak salah arah, Anda harus memiliki petunjuk yang tepat. Demikian pula dalam hal belajar Bahasa Inggris. Kali ini LahanEmas.com mengangkat tema bagaimana cara agar mahir Bahasa Inggris. 

Bahasa Inggris telah menjadi primadona bahasa dunia. Banyak perusahaan yang menetapkan penguasaan Bahasa Inggris sebagai salah satu syarat penerimaan karyawan terbaiknya ataupun kompetensi yang harus dimiliki oleh karyawan yang telah lama berkerja. Fenomena ini muncul hampir di semua intansi/lembaga yang menginginkan peningkatan performanya.

Sulit? Ya. Susah? Betul. Bisa dikuasai? Sangat mungkin. Belajar Bahasa Inggris itu sangat mudah dan menyenangkan. Asalkan kita menemukan kunci rahasia yang tepat untuk menguasainya. Setidaknya ada 5 cara agar Anda mahir Bahasa Inggris.

1. Tentukan Tujuan
Apa sebenarnya tujuan Anda ingin mahir Bahasa Inggris? Beberapa daftar jawaban di bawah ini mungkin ada yang sesuai dengan tujuan Anda.
- Agar bisa menjawab soal ujian
- Agar bisa membaca teks Bahasa Inggris
- Kewajiban di sekolah atau kampus
- Agar bisa kerja/kuliah ke Amerika, Eropa atau Australia
- Agar bisa casciscus ngomong Inggris
- Agar bisa nyapa turis saat ketemu di jalan
- Agar bisa ikut lomba English Debat
- .... dst

Sekarang, apa tujuan Anda ingin mahir Bahasa Inggris? Tujuan yang jelas akan menjadikan kerja keras dan pengorbanan Anda tak salah arah.

2. Cari Pembimbing atau Panduan
Cara kedua, Anda harus punya pembimbing. Seorang pembimbing bisa berupa seorang guru, dosen, atau tentor. Pembimbing ini bisa Anda temui di sekolah, kampus, atau lembaga kursus bahasa. Biayanya pun sangat bervariasi. Ada yang ratusan ribu rupiah perbulan, bahkan ada juga yang jutaan rupiah perbulan. Silakan Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Seorang pembimbing akan memerikan banyak latihan kepada Anda.

Jika Anda kurang sreg dengan metode mencari pembimbing, minimal Anda harus memiliki panduan khusus berupa buku, ebook, audio, atau video. Paduan ini bisa Anda gunakan untuk belajar sendiri di rumah secara otodidak. Biayanya pun juga sangat bervariasi. Ada yang ratusan ribu rupiah, bahkan ada juga yang jutaan rupiah. Sekali lagi silakan Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Panduan akan menuntun Anda ke tujuan dengan benar. Salah satu contoh panduan mahir Bahasa Inggris dengan harga yang murah adalah Ebook Genius Fingers (menguasai 16 tenses Bahasa Inggris dengan jari tangan).

3. Sediakan Waktu Khusus
Sesibuk dan sebanyak apapun pekerjaan Anda, Anda harus menyediakan waktu khusus untuk belajar. Waktu ini harus di luar jam sekolah atau jam kerja Anda. Anda tidak boleh mencampurnya dengan aktiitas lain. Contoh waktu khusus ini antara lain: antara pukul 15:00-17:00, antara pukul 19:00-21:00, antara pukul 03:00-05:00, dan pada hari-hari libur. Anda tidak perlu menyediakan waktu yang lama untuk belajar Bahasa Inggris. Cukup 2 jam per hari saja sudah cukup.

4. Konsisten
Langsung menyambung dari cara nomor 3 di atas, cara selanjutnya adalah konsisten. Ya, konsisten. Bukan seberapa lama Anda belajar, tetapi seberapa sering Anda mengulanginya. Dari pada Anda belajar 10 jam non stop pada hari libur (seminggu sekali), lebih baik Anda belajar 2 jam per hari selama 5 hari berturut-turut.

5. Berdo'a
Cara terakhir adalah do'a. Janganlah menyepelekan do'a. Do'a adalah senjatanya orang beriman. Do'a mampu mengubah yang TIDAK MUNGKIN menjadi MUNGKIN. Berdo'alah kepada Tuhan, minta agar diberi kemudahan dalam belajar dan ilmu yang bermanfaat.

Demikian tadi ulasan 5 cara agar mahir Bahasa Inggris. Selanjutnya Anda tinggal ACTION. Tanpa action, 5 cara agar mahir Bahasa Inggris di atas hanya akan menjadi pengetahuan sia-sia saja. Selamat mencoba ya. Sukses untuk Anda and see you... :)

Sumber gambar: everydaykorea.com
Bagikan: