"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

Makna Hari Santri

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hari santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Hari Santri merupakan wujud agar kita selalu ingat bahwa semenjak lahirnya negeri ini, kita telah menjadi bagian dari perjuangan para pahlawan, para kiai, para santri, dan pendahulu kita. 

Oleh sebab itu, kita berperan dalam menjaga semangat perjuangan mereka dengan melakukan sinergi positif yang dapat membangun negeri ini ke arah yang lebih baik, terutama dalam merawat keberagaman, menjaga kerukunan serta rasa aman antar sesama. Hal itulah yang menjadi modal penting bangsa kita agar menjadi bangsa yang besar.

Allah Swt sendiri mengingatkan di dalam QS. Ali Imran ayat 103:

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ ه اللَِّ جَمِيعًا وَلََ تَفَ ه رقُوا

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai.

وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ ه اللَّ عَلَيْكُمْ إِذ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَألَهفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأصَْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا

dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu karena nikmat Allah, menjadilah kamu orang yang bersaudara;

Ayat tersebut menegaskan betapa pentingnya kita menjaga tali kerukunan, supaya tidak terjadi gejolak dan perang saudara (berpecah belah) di antara kita.

Tema hari santri tahun ini adalah “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Kita semua berjuang bersama untuk menjaga kesehatan agar kita terhindar dari Covid-19 sehingga menjadikan para santri, para kiai, dan kita semua menjadi kuat baik lahir maupun batin.

Simak video berikut ini:


Allahu a'lam.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh









Bagikan:

Arsip