"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

Begini Cara Mendidik Anak Generasi Alfa

Mungkin anda bertanya-tanya apa itu anak generasi Alfa. Ada beberapa teori yang menyebutkan terkait dengan pengelompokan generasi.

Berikut ini beberapa pengelompokan generasi berdasarkan tahun kelahiran:
1. Tahun lahir 1945 dan sebelumnya disebut dengan Pre Baby Boom / Generasi Veterans

2. Tahun lahir 1946 - 1964 disebut dengan The Baby Boomers

3. Tahun lahir 1965 - 1976 disebut dengan Generation 

4. Tahun lahir 1977 - 1997 disebut dengan Generation Y / Generasi Milenial

5. Tahun lahir 1998 - 2010 disebut dengan Generation Z / iGeneration / Generasi Net

6. Tahun lahir 2010 - 2024 disebut dengan Generation Alpha 

Tidak mudah menjadi orang tua dari Generasi Alfa atau yang sering disebut-sebut sebagai generasi paling pintar. Mereka memiliki tanggung jawab besar untuk memberikan bekal sejak dini kepada anak mereka agar mampu menghadapi tantangan di masa depan.

Ciri Generasi Alfa
Menurut seorang tokoh yang bernama Mark McCrindle, seorang analis sosial-cum-demograf dari sebuah grup peneliti McCrindle, menjelaskan bahwa Generasi Alfa memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a. Mereka lahir di antara tahun 2010 - 2024.

b. Diberikan nama Alfa didasarkan pada alfabet Yunani. Alfa dijadikan nama generasi ini sebagai penanda generasi baru karena generasi sebelumnya telah menggunakan nama Generasi Z.

c. Merupakan anak keturunan dari orang-orang dari Generasi Milenial yang lahir tahun 1977 - 1997.

d. Jumlahnya saat ini diperkirakan sekitar 2,5 juta generasi Alfa  yang lahir setiap minggu di dunia.

e. Diprediksi ke depan jumlahnya akan mampu mencapai 2 miliar orang pada tahun 2025.

Sejak kelahiran mereka, mereka sudah hidup di dunia ini dengan ditemani oleh perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat. Gadget sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari hidup mereka semuanya. 

Generasi Alfa tumbuh dan berkembang dengan berbagai gadget di sekitarnya. Mereka seakan tidak bisa hidup tanpa gadget. Bahkan mereka mampu mengoperasikan gadget dengan sangat mahir hanya dengan fitur-fitur yang sederhana.

Kondisi perubahan teknologi dan informasi yang sangat maju ini membentuk Generasi Alfa sebagai generasi paling transformatif. Mereka menjadi generasi paling memiliki pengaruh dalam kehidupan manusia. Dengan umur mereka yang masih sangat muda, mereka mampu memengaruhi perputaran perekonomi an di dunia ini. 

Kemajuan teknologi dan informasi yang pesat ini akan sangat mempengaruhi mereka, mulai dari gaya belajar, materi yang dipelajari di sekolah, cara bicara, berpakaian, sikap, sampai dengan pergaulan mereka sehari-hari.

Cara mendidik anak generasi Alfa:
1. Beri pendidikan agama sedini mungkin sebagai jalan hidup yg benar.

"Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi Kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya." ( Ali 'Imran: 19)

2. Ajarkan adab sopan santun (akhlakul karimah) dan tanamkan nilai-nilai kekeluargaan (ukhuwah islamiyah).

3. Bantu tingkatkan kemauan dan kegigihan untuk berjuang agar tidak mudah putus asa (visi dan misi hidup).

4. Ajak dan ajari anak untuk bersosialisasi (manusia makhluk sosial).
Surat Al Hujurat ayat 13 : “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal."

5. Beri batasan terhadap gadget.
Pada anak 2-3 tahun, waktu melihat layar maksimal 30 menit. Kemudian ganti dengan melakukan aktivitas lain seperti bermain di luar ruangan.

6. Lakukan kontak mata dan komunikasi dua arah dengan anak karena hal ini penting bagi perkembangan mereka.

7. Beri anak permainan edukatif.
Bila melalui gadget, usahakan Anda lebih interaktif. Contoh, pilih aplikasi yang membuat anak mengerti bentuk, warna, menirukan suara binatang, atau Anda juga bisa senam & gerakan terarah bersama si kecil melalui gadget.

8. Pilih sekolah/lembaga pendidikan modern berkualitas yang menanamkan nilai-nilai universal (aqidah, ibadah, dan akhlak) dan  rahmatan lil'alamin serta memiliki pendidik yang islami, dedikatif, profesional, kreatif, inovatif dengan menggunakan gadget yang ramah, aman, menyenangkan, serta sekolah tersebut memiliki sarana prasarana yang memadai mengeksplorasi seluruh potensi anak. 

Nasihat Sahabat Ali Karamallahu wajhah, : "Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian".

Allahu a'alam...











Bagikan:

Arsip