"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

Ini Penting untuk Para Pemuda: Menyiapkan Diri Untuk Tahun Ajaran Baru

Selamat datang kembali di Bonoedumedia.com. Berikut ini kami akan mengulas tema tentang pemuda. Ada sebuah pertanyaan yang diajukan oleh seorang pelajar SMP yang akan melanjutkan ke jenjang SMA. Berikut pertanyaan dan penjelasannya.

Pertanyaan:
Saya remaja berusia 15 tahun. In sya Allah tahun ini saya duduk di bangku SMA. Saya ingin tahu apa landasan yang harus dipakai agar dapat menjalankan dengan baik seluruh masa SMA ini hingga dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Dan bagaimana menyeimbangkan antara salat di masjid dan belajar. Semoga Allah membalas segala kebaikan anda.

Jawaban: Landasan awal umumnya dalam menjalani hidup dan khususnya dalam belajar ialah kejelasan tujuan. Yang akan berimbas pada kuatnya motivasi mencapai tujuan itu.

Pertama tanamkan bahwa tujuanmu adalah menjalani masa SMA dengan baik dan berusaha untuk meneruskan ke jenjang berikutnya. Ini tujuan yang logis tapi butuh pembatasan.

Kamu perlu tahu kemampuan dan kecenderunganmu hingga mampu membatasi arah tujuan sendiri. Setelah itu jadikan belajar sebagai sesuatu yang membutuhkan langkah-langkah berikut.

1. Manajemen waktu, yakni belajar mulai dari awal tahun dengan mengatur pola waktu untuk istirahat dan rekreasi. Saat istirahat ini ditetapkan pada waktu salat yang bisa dimanfaatkan untuk pergi ke masjid hingga kondisi tubuh akan pulih dan otak yang telah beristirahat akan meningkatkan konsentrasi ketika kembali belajar.

2. Peningkatan perhatian ketika belajar dengan cara:

- Menetapkan waktu dan tempat untuk belajar sehingga lebih fokus.
- Menghindari memikirkan masalah atau penderitaan yang sedang dialami.
- Menanamkan kesungguhan ketika proses belajar berlangsung walaupun sedang melakukan latihan-latihan ringan.

3. Proses membaca yang baik dan berulang-ulang, mendengarkan dengan teliti dan menjawab soal-soal pelajaran seolah-olah latihan untuk ujian, serta kegiatan belajar bersama orang lain akan sangat membantu.


Semua itu tentu dengan memohon Pertolongan Allah yang Maha Tinggi. Berdoa Terus kepada-Nya hingga Dia mengabulkan semua yang kamu minta.


Allahu a'lam...












Bagikan:

Arsip