"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

Mengenal Sandi Kotak Pramuka dan Cara Penggunaannya

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh...
Salam Pramuka...!!!

Adik-adik semuanya, terus sehat dan semangat ya... Berjumpa lagi dengan Latihan Pramuka Online... Kali ini kita akan mengenal Sandi Kotak Pramuka dan cara penggunaannya.

Tujuan giat ini adalah menuntaskan kompetensi kecakapan peserta Pramuka yang ada di dalam SKU (Syarat Kecakapan Umum), yaitu:

1. Penggalang Ramu: Mengenal macam-macam sandi.
2. Penggalang Rakit: Dapat membuat dan menerjemahkan sandi.

Ketika membicarakan tentang sandi yang ada pada pramuka, ternyata ada yang namanya Sandi Kotak lho. Ya, mungkin dari segi popularitas sandi ini tidak sefamiliar sandi Mose dan Semaphore.

Apa Itu Sandi Pramuka?
Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang sandi kotak, kami mau memberi sekilas penjelasan tentang sandi pramuka, nih. 

Tujuan dari mempelajari sandi pramuka adalah untuk melatih seseorang dan kelompok dalam membangun kerjasama, ketelitian dan juga masalah yang dihadapi.

Selain itu, sandi juga memiliki fungsi untuk mengode suatu kata, yang bisa digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan, bisa juga menjadi hal yang menyenangkan, seperti untuk bermain pesan tersembunyi dengan teman. 

Uniknya lagi, sandi juga bisa digunakan untuk menulis buku harian pribadi, supaya tidak diketahui banyak orang tentang isinya.

Pembagian Sandi Kotak
Untuk sandi kotak sendiri sebenarnya terbagi atas 3 jenis, yaitu: 
Sandi kotak 1, Sandi kotak 2, dan Sandi kotak 3. 

Ada alasannya mengapa sandi ini dinamakan sandi kotak. Ada yang sudah tahu?

Ternyata, alasannya adalah karena sandi kotak terdiri dari huruf-huruf yang menjadi kode dalam sebuah kotak berbentuk menyilang dan vertikal horizontal, yang terdiri dari sembilan kotak.

SANDI KOTAK 1
Huruf A sampai R berada di dalam kotak vertikal horizontal dengan susunan menyamping mulai dari kotak 1 AB, 2 SD, 3 EF, 4 GH, 5 IJ, 6 KL, 7 MN, 8 OP, 9 QR. Sedangkan ST, UV, WX, dan YZ berada pada kotak dengan bentuk menyilang.

Masing-masing dalam kotak vertikal horizontal terdiri dari dua huruf. Bedanya terletak pada titik yang menyertai huruf kedua dari setiap kotak. Misal AB, maka titiknya berada di titik B. 

Begitu pun pada kotak menyilang, setiap kotak terdiri dari dua huruf dengan satu titik di huruf keduanya. Misal ST, maka titik berada pada huruf T.


(Sumber gambar: thegorbalsla.com)

Lalu, kamu pasti bertanya-tanya, gimana sih penggunaaan sandi kotak? 

Nah, penggunaan sandi kotak satu adalah dengan cara memecah kotak-kotak baik yang berbentuk vertikal horizontal maupun menyilang. 

Jika kamu hendak menggunakan huruf A, karena A berada di kotak pertama, maka kamu dapat membentuk garis siku-siku. Adapun B, karena ia bergandengan dengan A, maka gambar garis siku-siku dengan titik di dalamnya.

SANDI KOTAK 2
Pada dasarnya sandi kotak 2 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan apa yang telah dijelaskan pada sandi kotak 1.  

Perbedaannya ada dalam satu kotak diisi oleh 3 huruf alfabet. Jadi, untuk membedakannya bisa kita lihat dari model titik yang ada. 


(Sumber gambar: thegorbalsla.com)

Lalu, selain itu jika pada sandi kotak 1 terdiri dari dua macam kotak, vertikal horizontal dan menyilang, nah pada sandi kotak 2 hanya terdapat satu kotak yang berbentuk vertikal horizontal. Dalam kotak vertikal horizontal ini dibagi menjadi sembilan kotak dengan masing-masing tiga huruf di dalamnya.

SANDI KOTAK 3
Kalau sandi kotak 3 merupakan salah satu sandi kotak yang memiliki bentuk unik. Coba deh kamu perhatikan, kalau dibandingkan dengan bentuk dari sandi kotak 1 dan 2, sandi kotak 3 agak sedikit rumit. Hal tersebut karena kita harus benar-benar hafal di mana letak  hurufnya untuk kemudian dijadikan sebagai simbol.

Jika diuraikan, bentuk sandi kotak 3 ini merupakan perpaduan antara kotak vertikal horizontal dan kotak yang berbentuk persegi empat belah ketupat di mana setiap huruf alfabetnya menyebar.




(Sumber gambar: thegorbalsla.com)

Setelah kita mengetahui penjelasan dari masing-masing sandi kotak, pastinya sekarang kalian sudah bisa membaca maupun membuat sandi kotak dengan lebih mudah, bukan?  Yuk, kita coba! Allahu a'lam.

Sumber: Pramuka.co.id | Quipper.com

Bagikan:

Arsip