"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

Mengenal Asmaul Husna Al-Hayyu dan Al-Qayyum

Berikut ini penjelasan tentang mengenal Asmaul Husna Al-Hayyu dan Al-Qayyum.

Di antara Al-Asma'ul Husna adalah Al-Hayyu & Al Qayyum, Yang Maha Hidup & Yang Maha Mengurus. 

Nama Allah Al-Hayyu Al-Hayyu & Al Qayyum ini telah disebutkan dalam beberapa ayat di antaranya:

“Allah, tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al-Baqarah: 255)

“Allah, tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus makhluk-Nya.” (QS. Ali Imran: 2)

“Dan bertawakkallah kepada Allah yang hidup (kekal) yang tidak mati, dan bertasbihlah dengan memuji-Nya. Dan cukuplah Dia Maha mengetahui dosa-dosa hamba-hamba-Nya.” (QS. Al-Furqan: 58)

Asy-Syaikh Muhammad Khalil Al-Harras mengatakan:
Makna Al-Hayyu adalah yang memiliki sifat hidup dengan kehidupan yang sempurna dan abadi, di mana tidak menimpainya kematian ataupun fana, karena sifat hidup bagi-Nya merupakan sifat Dzat Allah yang Maha Suci.

Sebagaimana sifat Al-Qayyum mengharuskan adanya seluruh sifat filiyyah Allah (yang terkait dengan perbuatan-Nya) yang sempurna, maka demikian pula sifat hidup-Nya mengharuskan adanya seluruh sifat dzatiyyah (yang terkait dengan Dzat-Nya) yang sempurna, baik itu sifat ilmu, kemampuan, keinginan, pendengaran, penglihatan, kemuliaan, kesombongan, keagungan, dan semacamnya. (Syarh Nuniyyah, 2/112 lihat juga hal. 66)

Dr. Sa'id bin 'Ali Wahf al-Qahthani mengatakan:
Al-Qayyum, yaitu menegakkan urusan makhluk-Nya dengan sempurna dan hal itu mempunyai dua makna. Pertama Dialah yang berdiri sendiri, agung sifat-Nya, dan tidak memerlukan apapun dari makhluk-Nya. 

Kedua Menegakkan bumi, langit, dan segala makhluk yang ada di antara keduanya. (Syarah Asma‟ul Husna)

Dialah yang mengadakannya dan menolongnya serta menyiapkan bagi segala sesuatu yang membuatnya (makhluk) tetap (ada di bumi), kebaikannya, dan tegaknya. Dia-lah Yang Mahakaya dari semua makhluk secara mutlak (tidak memerlukan makhluk) dan merekalah yang berhajat kepada-Nya secara mutlak.

Maka al-Hayyu dan al-Qayyuum ialah Yang memiliki sifat kesempurnaan dan Dialah Yang memperbuat apa yang diinginkan-Nya.

Simak video ilustrasinya berikut ini:

Demikian penjelasan tentang mengenal Asmaul Husna Al-Hayyu dan Al-Qayyum.

Allahu a'lam...

Bagikan:

Arsip