"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

Perlawanan dan penyiksaan kaum kafir Quraisy terhadap Rasulullah SAW dan Sabahat

Kompetensi dasar:
1. Menyebutkan bentuk perlawanan dan penyiksaan kaum kafir Quraisy terhadap Rasulullah SAW
2. Mengetahui Tokoh kafir Quraisy yang begitu jahat terhadap rasulullah SAW
3. Menyebutkan beberapa sahabat yang mendapatkan siksaan
4. Mengetahui bentuk-bentuk penyiksaan yang dialami sahabat
5 Menyebutkan sahabat yang syahid pertama kali

Penjelasan materi:
Kaum Quraisy menyadari bahwa menghentikan Rasulullah Saw dengan cara damai tidak membuahkan hasil apapun. Mereka mulai berfikir untuk menghentikan dakwah Rasulullah Saw, dengan kekerasan dan penyiksaan, dengan harapan dakwah berhenti dan pengikut Rasulullah kembali ke agama mereka.

Meskipun Abu Thalib dan Bani Hasyim berusaha sekuat tenaga melindungi Rasulullah Saw, namun siksaan dari kaum Quraisy tidak dapat dihindari. Seorang Quraisy bernama ,’Uqbah bin Abi Mu’ith mencekik leher Rasulullah dengan kain ketika beliau sedang shalat di ka’bah. 

Kemudian Abu Bakar datang menyelamatkannya dengan memegang kedua lengan ‘Uqbah menjauhkannya dari Nabi Saw, seraya berkata :“Apakah kalian hendak membunuh seorang yang mengucapkan tuhan-ku adalah Allah.“

Uqbah dan kawan-kawannya berbalik menyerang Abu bakar dengan memukuli Abu bakar memakai sandal kayu mereka hingga Abu bakar pingsan.Uqbah juga membuang kotoran hewan di punggung dan kepala Rasulullah Saw, ketika beliau sedang sujud.

Selain penyiksaan fisik penyiksaan psikis juga datang dari pihak keluarga sendiri yaitu paman beliau Abu Lahab. Dengan penuh kesombongan ia memerintahkan kedua anaknya Utbah dan Utaibah untuk menceraikan istri-istri mereka yaitu Zainab dan Ruqqayah binti Muhammad. Betapa malu dan sedihnya Khadijah dan kedua putri Rasulullah.

Demikian pula halnya dengan para sahabat. Masing-masing dari mereka telah merasakan berbagai macam penyiksaan. 

Ustman bin affan ketika pamannya tahu dia masuk Islam pamannya marah dan memerintahkan dia untuk keluar Islam kembali ke agama Quraisy, jika tidak dia akan menyiksanya. Ustman tetap tidak mau maka pamannya mengurungnya di kamar gelap dan dirantai tanpa mendapatkan makan dan minum.

Zubair bin Awam juga mendapatkan penyiksaan dari pamannya ketika pamannya tahu keIslaman zubair. Zubair dikurung di kamar gelap diikat dan diasapi hingga sulit bernafas.

Bilal bin Rabah seorang budak yang disiksa oleh tuannya Umaiyah bin Khalaf Al Jamhi diikat kedua tangannya, dilepas bajunya, dijemur di bawah terik matahari di atas kerikil panas, ditimpuk dadanya dengan batu besar. Begitu kerasnya siksaan yang dialami Bilal, dia hanya mampu berucap “ahadun ahadun” yang berarti “ yang maha esa, yang maha esa”. 

Pada saat penyiksaan sahabat Bilal berlangsung oleh majikannya Umayah bin Khalaf, Abu Bakar melihat, dia merasa iba, kasihan atas siksaan yang dialami sahabatnya. Kemudian bergegas menuju ke Umaiyah dan bilang hendak membeli bilal. Setelah Bilal dibeli oleh Abu Bakar seketika itulah bilal dimerdekakan. 

Yasir bersama istrinya menerima penyiksaan yang sangat dasyat. Penyiksaan yang dilakukan oleh Abu Jahal dengan penyiksaan yang tidak berperikemanusiaan. Sumayah ditikam dengan besi panas pada kemaluannya hingga dia wafat. Dialah wanita pertama kali syahid. Demikian pula suaminya meninggal karena siksaan. Rasulullah SAW mendoakan mereka “ Bersabarlah wahai keluarga Yassir sesungguhnya tempat kalian adalah surga”.

Simak video ilustrasinya berikut ini:

Sebagai tugas pembelajaran hari ini, silakan kerjakan soal latihan pada buku paket halaman 34 (Bab 6. Perlawanan dan Penyiksaan Nomor 1-10). Lalu salin jawaban dan kirimkan ke form berikut ini:

Allahu a'lam...





Bagikan:

Arsip