"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

Lambang Gerakan Pramuka

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
SALAM PRAMUKA

Adik-adik, hari ini kita akan belajar tentang Lambang Gerakan Pramuka. Adakah yang tahu Lambang Gerakan Pramuka?

Ya, Lambang Gerakan Pramuka berbentuk Silluete (bayangan) Tunas Kelapa. Lambang Gerakan Pramuka adalah tanda pengenal organisasi Gerakan Pramuka yang bersifat tetap. Lambang ini diciptakan oleh Soenardjo Atmodipuro, seorang pegawai tinggi Departemen Pertanian yang juga tokoh pramuka.

Lambang Tunas Kelapa pertama kali digunakan pada tanggal 14 Agustus 1961, ketika Presiden Republik Indonesia Pertama (Ir. Soekarno)  menganugrahkan Panji Gerakan Pendidikan KepanduanNasional Indonesia kepada organisasi Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 tahun 1961.

Lambang Gerakan Pramuka memiliki beberapa arti kiasan / makna:

1. Buah kepala (nyiur) dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal  atau tunas.  Keadaan ini melambangkan bahwa Anggota Gerakan Pramuka adalah generasi yang terus tumbuh, generasi cikal bakal yang akan tumbuh menjadi generasi baru bangsa Indonesia yang lebih baik dan maju, generasi yang mampu meneruskan cita-cita para pendiri bangsa dan mampu menjaga kelangsungan bangsa dan negara Indonesia ke depan.

2. Buah dan pohon kelapa mampu bertahan lama dalam berbagai keadaan. Ini mengandung arti Pramuka adalah orang yang jasmani dan rohani, kuat dan ulet, berdedikasi, setia bertekad, serta  mampu bertahan dalam menghadapi berbagai cobaan, tantangan dan kesukaran untuk menyempurnakan pengabdiannya kepada tanah air dan bangsa Indonesia.

3. Pohon Kelapa dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Ini mengandung arti Pramuka adalah pribadi pribadi yang yang mampu beradaptasi dalam berbagai lingkungan dengan kondisi apapun.  Para Pramuka adalah individu yang mampu menyesuaikan diri dengan kondisi sosial budaya masyarakat serta sekaligus mampu ikut serta membangun masyarakat di mana ia berada.

4. Pohon Kelapa tumbuh menjulang tinggi dan lurus ke atas serta merupakan salah satu jenis pohon tinggi di Indonesia.  Ini mengandung arti, setiap Pramuka harus  cita-cita yang tinggi, mulia,  luhur dan lurus serta memiliki motivasi yang kuat yang untuk mencapai cita-cita itu, tidak mudah patah semangat dan tidak mudah terombang-ambing oleh berbagai perubahan zaman.

5. Pohon kelapa memiliki akar kuat. Mengandung arti, bahwa Pramuka adalah pribadi-pribadi yang berpegang kuat dan penuh keyakinan akan nilai-nilai dasar agama, norma sosial dan budaya dan nilai-nilai yang terkandung dalam Kode Kehormatan Pramuka.  Kesemua nilai itu dihayati dan diamalkan untuk meningkatkan kualitas diri pribadinya serta mencapai cita-cita terbaik dalam kehidupannya.

6. Pohon Kelapa merupakan pohon yang serbaguna dari ujung atas pohon hingga akarnya. Ini mengandung arti bahwa Pramuka adalah pribadi-pribadi yang terus meningkatkan kualitas dirinya agar selalu berguna bagi nusa, bangsa, agama dan umat manusia dimanapun ia berada.

 

Tugas / Proyek / Aksi Nyata: 

1. Membuat Lambang Gerakan Pramuka. Bisa dalam bentuk gambar, video, maupun hasta karya dari berbagai jenis bahan. Lalu kirimkan ke GC.

2. 2. Melakukan AKSI NYATA perbuatan yang mencerminkan pengamalan arti kiasan Tunas dan Pohon Kelapa. Kegiatan bebas sesuai pemahaman masing-masing siswa.

Demikian penjelasan tentang Lambang Gerakan Pramuka. Semoga bermanfaat.
SALAM PRAMUKA
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bagikan: