"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

Kegiatan Pramuka Penggalang: Memilah Sampah

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh... Salam Pramuka...  

Senang rasanya bisa menyapa adik-adik semuanya. Semoga semuaanya dalam kondisi sehat dan tetap bersemangat. 

Mari awali kegiatan Pramuka kita hari ini dengan membaca Basmalah bersama-sama. Bismillahirrahmanirrahim… 
 

Kegiatan Pramuka kita hari ini mengambil satu tema yang ada di buku Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penggalang, yaitu Mengenal dan memilah sampah.

Baik mari simak penjelasan dan tugasnya berikut ini:
 

Sampah selalu menjadi masalah yang besar di lingkungan kita. Hampir setiap warga memberikan pasokan sampahnya masing – masing.

Banyaknya sampah yang tersebar juga merupakan sebuah kesadaran setiap warga terhadap lingkungan sekitar. Rasanya sangat menyedihkan apabila kita sedang menikmati lingkungan dan melihat banyak sampah yang berserakan.

Sampah bisa membuat suasana yang tadinya nyaman menjadi rusak seketika. Pada awalnya memang kesadaran warga terhadap sampah masih sangat jauh.

Sangat banyak sekali warga yang merasa tidak penting untuk membuang sampah pada tempatnya.

Namun, ketika mulai banyak gejala muncul di lingkungan yang diakibatkan oleh sampah menumpuk akhirnya membuat banyak warga menjadi sadar bahwa sampah yang dibuang sembarangan sangatlah meresahkan.

Hingga saat ini sudah mulai banyak warga yang akhirnya menyadari bahwa sampah adalah sesuatu yang harus diperhatikan dengan seksama. Gerakan untuk membuang sampah secara disiplin pada tempat sampah juga semakin ramai untuk digaungkan.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dari sampah itu? Agar kita bisa lebih memahami dan mengerti mengenai jenis dari sampah beserta dampaknya, maka pada kegiatan Pramuka Penggalang kali ini kita akan membahas beberapa hal:

1. Apa itu sampah?
Sampah adalah benda sisa yang tidak diinginkan / dipakai lagi setelah berakhirnya suatu proses / aktifitas.

2. Apa dampak sampah terhadap lingkungan?
Dampaknya antara lain: lingkungan menjadi kotor, bau, dan pengap. Menjadi tempat tinggal / sarang serangga. Menjadi pemicu munculnya penyakit.

3. Apa saja jenis-jenis sampah?

NO.

PEMBAGIAN

CONTOH

1

Berdasarkan bentuknya

Padat dan cair

2

Berdasarkan sumbernya

Manusia, alam, hewan, konsumsi, hasil limbah radioaktif, industri dan hasil tambang

3

Berdasarkan sifatnya

Organik, anorganik, dan bekas elektronik

4. Pada kesempatan ini, kita akan khusus membahas terkait sampah organik dan anorganik yang ada di rumah dan lingkungan kita.
Sampah organik adalah sampah yang terdiri dari berbagai bahan organik dan mudah hancur terurai. Contohnya,  sampah siswa makanan, dedaunan, dll.

Selanjutnya, sampah anorganik adalah sampah yang dibuat oleh proses mesin dan sangatlah sulit untuk diuraikan.

Sampah anorganik membutuhkan pengolahan lagi agar bisa dimanfaatkan untuk menjadi seseuatu yang berbeda. Contohnya, plastik, kaleng, kertas, kaca, besi, kain, dll.

5. Lalu apa keuntungan memilah sampah?
Dengan memisahkan sampah di rumah kita berdasarkan sifatnya akan memberikan beberapa manfaat untuk kita semuanya. Antara lain:

1. Jika di rumah kita ada lahan yang cukup luas, sampah organik bisa kita kubur. Dengan begitu sampah akan membusuk dan hancur di dalam tanah. Tanah bekas sampah organik akan bisa kita gunakan sebagai pupuk dan media untuk tanah dalam pot.

 

2. Sampah anorganik yang sudah kita pisahkan dari sampah organik bisa kita gunakan untuk hasta karya, kerajinan, atau kita jual ke pengepul barang bekas.



 

3. Jika kita tidak bisa melakukan itu semuanya, minimal dengan memisahkan sampah organik dan anorgaik akan membantu petugas sampah yang mengambil sampah di lingkungan perumahan kita.

Sampah-sampah tersebut akan dibawa ke Tempat Pengolahan Sampah (TPS). Di tempat tersebut, sampah-sampah dari warga akan dipilah-pilah sebelum diolah.

Sehingga, dengan kita memilah sampah organik dan anorganik di rumah akan sangat membantu pekerjaan petugas kebersihan.

6. Terakhir, apa yang bisa Pramuka lakukan?
Kita sebagai Pramuka harus peduli terhadap diri dan lingkungan kita. Sebagai bentuk pengamalan dari Dasa Darma yang berbunyi, Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.

Mari bersama keluarga, buatlah 2 (dua) buah tempat sampah dari bahan bekas yang ada di rumah.

Cara membuatnya cukup sederhana. Cukup sediakan wadah bekas yang kita khususkan untuk tempat sampah, misalnya kaleng, kardus, ember, dll.

Masukkan kedalamnya sebuah kresek besar yang mampu menutupi wadah tersebut dan mampu menampung banyak sampah.

Sudah jadi deh. Tinggal kita nanti secara konsisten memasukkan sampah organik dan anorganik ke tempat yang berbeda. Tidak mencampurnya menjadi satu.

 

Meskipun kita belum sampai pada tahap mengolah sampah, dengan kita memilah sampah seperti ini, kita akan mampu memberikan manfaat yang sangat besar untuk diri kita, keluarga, dan lingkungan kita semuanya.

Tetap semangat
Salam Pramuka

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Selengkapnya silakan menyimak video berikut ini:




Bagikan:

Arsip