"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

Lokakarya Orientasi Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7

Salam untuk para Pejuang Pendidikan dimanapun berada...

Salah satu Program Pendidikan Guru Penggerak(PPGP) Angkatan 7 adalah pelaksanaan Lokakarya Orientasi. Pada lokakarya ini tema yang dibahas adalah “Proses Belajar di Pendidikan Guru Penggerak yang Merupakan Perjalanan Pengembangan Kompetensi dan Dilakukan dengan Melibatkan Ekosistem Sekolah”.

Lokakarya Orientasi untuk Calon Guru Penggerak (CGP) di Kabupaten Malang kali ini dilaksanakan pada Minggu, 23 Oktober 2022 pukul 07.30 - 15.30 WIB. Lokakarya Orientasi ini dilaksanakan dengan moda tatap muka di sekolah yang sudah ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan kegiatan, yaitu di SMAN 1 Bululawang yang beralamatkan di Jl. Raya Bululawang No.17, Bululawang, Kec. Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Peserta yang terlibat pada Lokakarya Orientasi ini adalah:

1) Pengajar Praktik (PP)
2) Calon Guru Penggerak (CGP)
3) Kepala Sekolah atasan CGP
4) Pengawas Sekolah
5) Perwakilan dari Dinas maupun Cabang Dinas Pendidikan. 

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kab. Malang memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Lokakarya Orientasi. Kepala Sekolah atasan CGP dan Pengawas Sekolah hanya mengikuti sesi dari pagi sampai dengan siang (pukul 08.00 - 12.00 WIB).

Berikut ini peserta Lokakarya Orientasi di kelas Malang 5:
PP (Eko Wahyudi, S.S / SD Islam Terpadu Robbani)
Imam Syafi'i / SMP Islam 02 Pujon
Arif Mauludana / SMP Negeri 1 Pujon
Abd. Hadi / SMP Negeri 4 Pujon Satu Atap
Agustina Dewi Susanti / SMKN 1 Pujon
Firdaus Surinto / SMKN 1 Pujon
Sari Kusumowati / SMKN 1 Pujon 

PP (Miftahul Jannah / TK Muslimat NU 10)
Ari Dwi Haryono / SD Islam Bani Hasyim
Khusnia Agus Purwanti / SD Negeri 1 Candirenggo
Anna Sri Soesanti / SD Negeri 2 Candirenggo
Rudi Hartono / SMKN 1 Singosari
Sri Sumiati / SMKN 1 Singosari 

PP (Manggiasih Heri Febriansandy / SMP Negeri 1 Wonosari)
Dhina Pratikawati / SD Negeri 1 Kebobang
Eny Rosyidah / SD Negeri 1 Kluwut
Nurul Huda / SD Negeri 1 Kluwut
Purwo Eko Pribadi / SD Negeri 2 Plandi
Ely Nurdiana / SD Negeri 2 Plaosan 

Aktivitas yang dilakukan oleh Calon Guru Penggerak dalam dalam Lokakarya Orientasi ini, antara lain:

1. Sesi Pembukaan
Kegiatan sesi ini berupa perwakilan Dinas memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan. 

2. Sesi Games Perkenalan Diri dan Kesepakatan Kelas
Kegiatan sesi ini berupa Calon Guru Penggerak, Kepala Sekolah, dan Pengawas saling berkenalan. Lalu Calon Guru Penggerak menyepakati kesepakatan kelas. Calon Guru Penggerak juga bertanggung jawab dan menjalani kesepakatan selama sesi berlangsung. 

3. Sesi Harapan dan Kekhawatiran CGP, KS, dan Pengawas
Kegiatan sesi ini berupa Pengajar Praktik menanyakan harapan dan kekhawatiran peserta selama pelaksanaan Program Pendidikan Guru Penggerak. Calon Guru Penggerak dan kepala sekolah mengidentifikasi dan menyampaikan harapan dan kekhawatirannya. Calon Guru Penggerak juga mengidentifikasi solusi atas kekhawatirannya.

4. Sesi Perjalanan Calon Guru Penggerak
Kegiatan sesi ini berupa Calon Guru Penggerak dan Kepala Sekolah memahami proses belajar dan tujuan belajar di program Guru Penggerak. Mereka memetakan proses kolaborasi yang perlu dilakukan selama program berlangsung. 

5. Sesi Posisi Diri
Kegiatan sesi ini berupa Calon Guru Penggerak mengidentifikasi posisi diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak dan melakukan evaluasi terhadap posisi diri. 

6. Sesi Rencana Pengembangan Diri CGP
Kegiatan sesi ini berupa Calon Guru Penggerak membuat rencana pengembangan diri berdasarkan kompetensi Guru Penggerak. Masing-masing CGP mempresentasikan rencanya di depan reka CGP yang lain.

7. Sesi Pengenalan Portofolio Digital
Kegiatan sesi ini berupa Calon Guru Penggerak mengenal pentingnya mempunyai portofolio digital selama perjalanan program. Calon Guru Penggerak mengetahui hal-hal yang perlu didokumentasikan pada portofolio digital masing-masing.

8. Sesi Refleksi, dan Penutupan
Kegiatan sesi ini berupa Calon Guru Penggerak merefleksikan pembelajaran yang didapat selama sesi lokakarya orientasi dengan menjawab pertanyaan apa saja yang telah dipelajari dari lokakarya ini dan apa saja manfaat lokakrya ini untuk peserta dan tugas peserta.

Produk yang dihasilkan dalam dari Lokakarya Orientasi ini, yaitu:
1. Kesepakatan Peran CGP dan Kepala Sekolah
2. Peta posisi diri
3. Rencana Pengembangan Kompetensi CGP

Lokakarya Orientasi ini telah berhasil mencapai Calon Guru Penggerak (CGP) yang memahami program Pendidikan Guru Penggerak terkait alur, peran tim pendukung, dan kompetensi lulusan. Selain itu, Lokakarya ini juga telah mencapai CGP yang mampu mengidentifikasi posisi diri pada Kompetensi Guru Penggerak.

Dalam lokakarya ini, CGP telah dapat membuat rencana pengembangan kompetensi diri Guru Penggerak, berikut dukungan yang diperlukan, dan tantangan yang mungkin terjadi. Selain itu, CGP juga telah memahami pentingnya membuat portofolio, tahapan dan contoh portofolio sebagai bagian dari pengembangan kompetensi.

Ucapan terimakasih kepada semuanya yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Lokakarya Orientasi Program Pendidikan GuruPenggerak (PGP) Angkatan 7 ini.

Salam untuk para Pejuang Pendidikan dimanapun berada...

Berikut ini beberapa dokumentasi kegiatan 
Lokakarya Orientasi Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7 ini (Mohon maaf hanya kami cantumkan dari kelas Malang 5).













































Baca juga:


Bagikan: