"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

Lokakarya 1 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7


Salam untuk para Pejuang Pendidikan dimanapun berada...

Salah satu Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7 adalah pelaksanaan Lokakarya 1. Pada lokakarya ini tema yang dibahas adalah “Pengembangan Komunitas Praktisi”.

Lokakarya Orientasi untuk Calon Guru Penggerak (CGP) di Kabupaten Malang kali ini dilaksanakan pada Minggu, 27 November 2022 pukul 07.30 - 15.30 WIB. Lokakarya Orientasi ini dilaksanakan dengan moda tatap muka di sekolah yang sudah ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan kegiatan, yaitu di SMKN 1 Kepanjen yang beralamatkan di Jl. Ngadiluwih, Kedung Pedaringan Kec. Kepanjen, Kab. Malang, Jawa Timur.

Peserta yang terlibat pada Lokakarya Orientasi ini adalah:
1) Pengajar Praktik (PP)
2) Calon Guru Penggerak (CGP)

Berikut ini peserta yang Lokakarya Orientasi di kelas Malang 10:
PP (EKO WAHYUDI, S.S / SD ISLAM TERPADU ROBBANI)
IMAM SYAFI'I / SMP ISLAM 02 PUJON
ARIF MAULUDANA / SMP NEGERI 1 PUJON
ABD. HADI / SMP NEGERI 4 PUJON SATU ATAP
AGUSTINA DEWI SUSANTI / SMKN 1 PUJON
FIRDAUS SURINTO / SMKN 1 PUJON
SARI KUSUMOWATI / SMKN 1 PUJON

PP (NGUDYO RAHAYU / SD NEGERI 2 TAMBAKASRI)
SITI MUTIAH / SD NEGERI 2 TEGALREJO
TITIN INDAH DWI RANTAUANTI / SD NEGERI 3 HARJOKUNCARAN
YONATHAN HARIADI MANUPUTTY / SD NEGERI 3 SITIARJO
ELMI HASTINI / SD NEGERI 4 DRUJU

PP (YUSAKH ANDRIANA SAFI’I / SMAS DIPONEGORO TUMPANG)
DITA SETYA ARINI / SD NEGERI 1 BALESARI
TRI HARI SUBAGIO / SD NEGERI 1 BALESARI
DITA SARI HANDARIYANTI / SD NEGERI 4 BALESARI
SITI KHOTIMAH / SD NEGERI 4 NGASEM
ZULLAIKA PERMATASARI / SMP NEGERI 1 NGAJUM

Berikut ini aktivitas pembelajaran dalam Lokakarya 1 ini:

1. Pembukaan
Kegiatan sesi ini berupa pembukaan & ice-breaking, perkenalan pengajar praktik, dan penjelasan tujuan dan pembuatan kesepakatan belajar. Tujuan sesi ini adalah Calon Guru Penggerak dapat menciptakan koneksi dengan peserta lain dan pengajar praktik, serta  Calon Guru Penggerak dapat memahami tujuan dan agenda pada lokakarya ini.

2. 
Kepemimpinan Dalam Diri
Kegiatan sesi ini berupa Aktivitas: mencari benda, pembahasan aktivitas, diskusi nilai, peran, dan kompetensi guru penggerak (aktivitas kelompok bersama pengajar praktik). Tujuan sesi ini adalah Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan hubungan mindset pemimpin pembelajaran di konteks sekolah dan Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan peran, nilai, serta kompetensi guru penggerak berdasarkan pemahamannya sendiri.

3. 
Diskusi Komunitas Praktisi
Kegiatan sesi ini berupa diskusi komunitas praktisi (berbagi tantangan 1 bulan pertama), refleksi manfaat komunitas praktisi, dan sekilas materi filosofi komunitas praktisi. Tujuan sesi ini adalah Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan manfaat komunitas praktisi dan menjelaskan definisi dan karakteristik komunitas praktisi.

4. 
Komunitas Praktisi Sekelilingku
Kegiatan sesi ini berupa Calon Guru Penggerak mengidentifikasi komunitas praktisi yang ada dan menganalisa pemetaan komunitas praktisi. Tujuan sesi ini adalah Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi komunitas praktisi di lingkungannya dan dapat memetakan komunitas praktisi, sesuai dengan area kontrol dan manfaat untuk dirinya.

5. 
Peran Guru Penggerak dalam Menggerakkan Komunitas Praktisi
Kegiatan sesi ini berupa Calon Guru Penggerak memahami peran Guru Penggerak dalam membuat komunitas praktisi dan mennganalisa peran dalam memaksimalkan komunitas praktisi. Tujuan sesi ini adalah Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan peranan Guru Penggerak dalam menggerakan Komunitas Praktisi dan menganalisa perannya dalam memaksimalkan komunitas praktisi yang ada di lingkungannya.

6. 
Menggerakkan Komunitas Praktisi
Kegiatan sesi ini berupa Calon Guru Penggerak melakukan Wisata Belajar, Melihat Potensi Komunitas Praktisi Baru. Tujuan sesi ini adalah Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan tahapan menggerakkan komunitas praktisi. 

7. 
Refleksi dan Penutupan
Kegiatan sesi ini berupa Calon Guru Penggerak merefleksikan pembelajaran yang didapat selama sesi lokakarya 1. CGP mengetahui benang merah materi, penutupan, dan foto bersama. Tujuan sesi ini adalah Calon Guru Penggerak dapat mengingat kembali materi yang diajarkan, mengevaluasi hasil belajar dan kegiatan lokakarya yang berlangsung, dan mengetahui tugas yang perlu dilakukan untuk lokakarya selanjutnya.

Produk yang dihasilkan dari lokakarya ini adalah pemetaan komunitas praktisi yang sudah ada untuk mengoptimalkan perannya sebagai Guru Penggerak.

Lokakarya 1 ini telah berhasil mencapai Calon Guru Penggerak (CGP) yang mampu menjelaskan hubungan mindset pemimpin pembelajaran di konteks sekolah, memahami pentingnya dan manfaat komunitas praktisi baik untuk dirinya sendiri dan lingkungan belajar, mampu menjelaskan konsep, filosofi dan prinsip komunitas praktisi sebagai bagian dari peran guru penggerak, mengidentifikasi dan memetakan komunitas praktisi yang sudah ada, dan dapat mengaitkan komunitas praktisi yang sudah ada untuk mewujudkan filosofi, nilai dan peran guru penggerak. Selain itu, para Calon Guru Penggerak juga mampu memetakan manfaat dan area kontrol di komunitas praktisi yang sudah ada.

Ucapan terimakasih kepada semuanya yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Lokakarya 1 Program Pendidikan GuruPenggerak (PGP) Angkatan 7 ini.

Salam untuk para Pejuang Pendidikan dimanapun berada...

Berikut ini beberapa dokumentasi kegiatan 
Lokakarya 1 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 7 ini (Mohon maaf hanya kami cantumkan dari kelas Malang 10).


Baca juga:

Bagikan: