"Menyebarluaskan Pengetahuan..."

Ketentuan Jalur Perpindahan Orang Tua Wali Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK

Ketentuan Jalur Perpindahan Orang Tua Wali Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Semangat pagi kawan

Selamat menyimak.

Ketentuan Jalur Perpindahan Orang Tua Wali Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK ini berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta  Didik  Baru Pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Tepatnya pada pasal 13 dan 23 dijelaskan bahwa sebagai berikut:

Pasal 13
(1) Jalur zonasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2) huruf a terdiri atas:
a. jalur zonasi SD paling sedikit 70% (tujuh puluh  persen) dari daya tampung sekolah;

b. 
jalur zonasi SMP paling sedikit 50% (lima puluh  persen) dari daya tampung sekolah; dan

c. 
jalur zonasi SMA paling sedikit 50% (lima puluh  persen) dari daya tampung sekolah.

(2) 
Jalur afirmasi sebagaimana dimaksud dalam  Pasal  12 ayat (2) huruf b paling sedikit 15% (lima belas persen) dari daya tampung sekolah.

(3) Jalur perpindahan tugas orang tua/wali sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2) huruf c paling banyak 5% (lima persen) dari daya tampung sekolah
.

(4) 
Dalam hal masih terdapat sisa kuota dari jalur pendaftaran sebagaimana dimaksudpada ayat (1) sampai  dengan ayat (3), Pemerintah Daerah  dapat  membuka jalur prestasi sebagaimana dimaksud  dalam  Pasal  12 ayat (2) huruf d.

Paragraf 4
Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali

Pasal 23

(1) Perpindahan tugas orang tua/wali sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (2) huruf c dibuktikan dengan surat penugasan dari:
a. instansi;
b. lembaga;
c. kantor; atau
d. perusahaan yang mempekerjakan.

(2) 
Dalam hal terdapat sisa kuota jalur perpindahan tugas orang tua/wali, maka sisa kuota dapat dialokasikan untuk calon peserta didik pada sekolah tempat orang tua/wali mengajar.

(3) Penentuan peserta didik dalam jalur perpindahan tugas orang tua/wali diprioritaskan pada jarak tempat tinggal calon peserta didik yang terdekat dengan sekolah.

Simak juga penjelasannya dalam video berikut ini:

KESIMPULAN

Ketentuan Jalur Perpindahan Orang Tua Wali Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SMK adalah sebagai berikut:
  1. Persentase Daya Tampung paling sedikit 5% (lima persen) dari daya tampung sekolah.
  2. Berkas pendaftaran dibuktikan dengan Surat penugasan dari instansi / lembaga / kantor / perusahaan yang mempekerjakan orang tua/wali.
Untuk informasi lengkap lainnya, para sahabat sekalian bisa membaca tema-tema PPDB yang sudah admin pilah-pilah sesuai kebutuhan sahabat sekalian berikut ini:


Tetap semangat kawan
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bagikan:

Arsip